Wonokerso blog on Facebook
PLN TELKOM
Ingat bayarlah tagihan listrik dan telephon Anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya

Merti Deso / Merti Dusun

Menurut artikel dari website www.angkringan.or.i d , pengertian Merti Deso adalah sebagai berikut : merti kata dasarnya adalah preti, yang berasal dari kata pitre. Ada istilah Jawa kuno pitrekarya yang artinya memberi sesajen kepada para arwah leluhur. Jadi acara merti dhusun ini ada kaitannya dengan acara simbolis mempersembahkan sesajen dalam bentuk hasil bumi.

Namun seiring dengan perkembangan jaman dan penetrasi kebudayan islam terhadap kearifan tradisi lokal merti deso tidak lagi diartikan dengan pemberian sesajen kepada arwah leluhur atau dewi Sri tetapi dilakukan sebagai suatu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang diperoleh dengan harapan pada musim tanam berikutnya akan mendapatkan rejeki yang lebih banyak, sehingga acara merti deso ini diisi dengan acara berupa doa-doa syukur dan pemberian sedekah kepada warga disekitarnya. Ini setidaknya yang terjadi di dusun wonokerso pada setiap perayaan merti deso, sehingga merti deso ini tidak lagi dikatakan sebagai perbuatan syirik namun sebagai suatu media masyarakat untuk berbuat baik yaitu bersedekah, bersyukur atas nikmat yang telah diberikan agar tidak masuk kepada golongan orang-orang yang kufur atas nikmat yang telah diberikan (Wallahu a’lam)


Terlepas dari itu semua Merti Deso di dusun wonokerso pada musim panen tahun ini dilakukan secara meriah pada malam minggu kemarin tanggal 24 April 2010. Merti Deso yang biasanya dilakukan dengan sendiri-sendiri berkelompok antara masyarakat Wonokerso blok bagian barat dan blok bagian timur baru pada kesempatan pertama kali ini dilakukan secara meriah serentak bersama-sama menjadi satu dengan mengambil tempat di lapangan Bulu tangkis , sehingga sangat terasa sekali semangat kekeluargaan, persatuan dan kebersamaan warga wonokerso karena dihadiri juga oleh komponen masyarakat wonokerso baik anak-anak, remaja, pemuda, Bapak-bapak, Ibu-ibu maupun Sesepuh wonokerso. seperti foto yang saya lampirkan ini.

Demikian informasi terbaru dari wonokerso yang bisa disampaikan mudah-mudahan dengan acara Merti Deso ini dapat diambil hikmahnya tanpa harus mengorbankan keyakinan kita.(nks/arif)


FMT1 FMT2
FMT3 FMT4



Comments :

1
Anonim mengatakan...
on 

Wah...enak ya makan bersama di acara merti deso, banyak buah2an lagi...mau dong !

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor