Wonokerso blog on Facebook
PLN TELKOM
Ingat bayarlah tagihan listrik dan telephon Anda sebelum tanggal 20 setiap bulannya

Dengan semangat Sumpah Pemuda marilah kita jaga persatuan dan kesatuan

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Masihkah kita ingat kalimat diatas? ya... mungkin banyak diantara kita yang mengetahui kalimat diatas. Yups..benar text diatas adalah text sumpah pemuda yang dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda merupakan alah satu perintis kemerdekaan Indonesia, dimana pemuda pada saat itu mempunyai tekad bulat untuk bersatu mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia yang sudah lama dijajah oleh kolonialis pada saat itu. sehingga pada akhirnya berhasil dalam mengantarkan bangsa indonesia ini ke bangsa yang merdeka.

Untuk mewujudkan cita-cita supaya bangsa indonesia mempunyai harkat dan martabat maka ada hal-hal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu dengan memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda dengan memperhatikan lima faktor utama untuk memperkuat persatuan yaitu Sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Dengan bekal kelima faktor itulah terbukti para pemuda indonesia berhasil mengangkat harkat martabat bangsa indonesia dengan tercapainya kemerdekaan bangsa indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 , walaupun harus ditempuh selama 17 tahun sejak sumpah pemuda di ikrarkan.

Dengan belajar dari sejarah sumpah pemuda diatas hendaknya kita sebagai pemuda-pemudi Dsn wonokerso tetap harus semangat untuk berjuang untuk meningkatkan harkat martabat kita dengan modal pokok persatuan diantara pemuda-pemudi dan kemauan yang kuat agar tujuan yang kita cita-citakan dapat tercapai sesuai dengan yang kita harapkan. Jangan biarkan persatuan kita tercerai berai karena dapat menggangu jalan kita untuk mencapai tujuan yang kita cita-citakan bersama.(nks/rif)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sponsor